HomeTeras DaerahInilah Arti Indramayu Bermartabat Menurut Bupati Nina Agustina

Inilah Arti Indramayu Bermartabat Menurut Bupati Nina Agustina

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Bupati Indramayu, Nina Agustina,SH, MH, menyampaikan sambutan perdana terkait garis-garis besar rencana pembangunan untuk 5 tahun kedepan, sebagai pedoman kerja yang akan dicapai pada tahun 2021 – 2026, mencakup visi, misi dan prioritas pembangunan daerah Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat). Hal itu disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Indramayu, Jum’at (12/3/2021).

Paparan Visi Misi Bupati Nina Agustina, SH, MH didampingi Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim, disampaikan kepada wakil rakyat sebagai implementasi amanat Menteri Dalam Negeri melalui surat edaran nomor 273/487/SJ tanggal 21 Januari 2021 tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 bahwa bagi Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang telah dilantik agar menyampaikan pidato sambutan sebagai Gubernur, Bupati/Wali Kota pada Sidang Paripurna di masing-masing DPRD setelah melakukan serah terima jabatan.

Dalam paparannya, Bupati Nina mengungkapkan, bahwa Visi Indramayu Bermartabat, kepanjangan dari kata Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat dan dapat dijelaskan jika kata BERSIH mengandung arti Pemerintahan yang tulus, ikhlas dan suci. Transparan dalam pengelolaan dan penataan pemerintahan.

RELIGIUS, bermakna bahwa nilai – nilai agama mendasari setiap sikap dan perilaku dalam pengelolaan pemerintahan yang tercermin dalam kehidupan bermasyarakat atas terciptanya kebijakan pemerintahan dan aktivitas masyarakat.

- Advertisement -

MAJU, diartikan bahwa masyarakat Indramayu cerdas, terampil, bergerak dinamis, kreatif, inovatif serta tangguh menghadapi tantangan, yang ditandai dengan pertumbuhan penduduk yang kecil, angka harapan hidup yang tinggi dan kualitas pelayanan sosial yang lebih baik dan produktifitas makin tinggi.

ADIL, yaitu keadaan yang dicirikan dengan sifat perbuatan dan perlakuan yang mengedepankan kesetaraan dalam pengambilan keputusan/kebijakan yang tidak diskriminatif yang hanya menguntungkan sekelompok tertentu/ golongan dalam masyarakat.

MAKMUR yakni kehidupan yang layak merupakan hak mutlak dari masyarakat Indramayu yang ditandai dengan bebas dari kemisikinan sebagai bentuk tanggung jawab negara melalui pemerintah daerah.

HEBAT dimaknai akan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good governance dan clean governance), daya saing daerah yang tinggi sehingga mampu lebih unggul dibandingkan dengan daerah lain, masyarakat yang berkualitas dalam pendidikan, maju dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi, tanggap dan responsif dalam menghadapi tantangan global.

- Advertisement -

Adapun misi yang akan menjadi pedoman selama 5 tahun kedepan sebagai bentuk operasionalisasi untuk mencapai visi tersebut yaitu Misi “Sapta Nata Mulia Jaya” yang memiliki arti tujuh penataan menuju mulia dan jaya.

Misi Sapta Nata Mulia Jaya, yang akan dijalankan oleh Bupati Indramayu dan Wakil Bupati Indramayu, Nina Agustina, SH, MH dan Lucky Hakim diantaranya akan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang melayani, melindungi, bersih, bebas korupsi, kolusi, nepotisme, transparan, akuntabel, profesional dan demokratis dengan 3 program prioritas yaitu peningkatan sarana dan prasarana aparatur, peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, serta pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments