HomeTeras DaerahBupati Indramayu Tinjau Pos Penyekatan Mudik Lebaran

Bupati Indramayu Tinjau Pos Penyekatan Mudik Lebaran

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, siap mensukseskan program pemerintah pusat dalam melakukan penyekatan akses transportasi darat jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriyah.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, didampingi Ketua DPRD Indramayu, Syaefudin, Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh S Herlambang dan Jajaran Forkopimda lainnya, meninjau kesiapan dua lokasi Pos Cek Point dan Penyekatan Mudik Lebaran di Kabupaten Indramayu tahun 2021. Dua titik pos yang dikunjungi adalah Posko Lingkar Jalan Desa Sumuradem Timur, Kecamatan Sukra dan Pertigaan Lohbener, Jum’at, (7/5/2021).

Seperti diketahui, giat yang dilakukan Bupati Indramayu beserta jajaran bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi kesiapan petugas pengamanan pos penyekatan mudik dan ceck point, terkait adanya Surat Edaran (SE)  Ketua Satgas Penanganan Covid-19, nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah, yang diberlakukan mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

“Peninjauan kami adalah untuk mengetahui kesiapan petugas pengamanan penyekatan mudik dan chek point pada lebaran tahun ini,” ujar Bupati Nina dihadapan awak media.

- Advertisement -

Dikatakannya, penyediaan pos penyekatan mudik lebaran di Kabupaten Indramayu terdapat tujuh titik yang tersebar di sepanjang jalan raya pantura dan tol Cipali, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran covid-19 sebagaimana intruksi Presiden RI Joko Widodo, dengan memberikan sanksi yang diberikan kepada pemudik adalah putar balik. Termasuk juga jika ditemukan pengguna jalan yang tidak dibekali keterangan antigen akan dilakukan swab dilokasi Posko Penyekatan oleh Tim Dinkes Indramayu.

“Alhamdulillah dari apa yang kami pantau kesiapan petugas cukup baik,  ini adalah letak kepedulian kita itu yang pertama,  yang kedua jangan sampai ada kelolosan karena ini adalah intruksi Presiden yang harus dilaksanakan,” tandasnya. 

Nina juga mengatakan, untuk warga Indramayu yang saat ini tidak dapat berkumpul dengan keluarga diharap bersabar dan untuk menghapus kerinduan bisa menggunakan fasilitaa komunikasi seperti telepon ataupun videocall. 

“Ini adalah tahun kedua larangan mudik,  saya harap bisa bersabar dan kita sama-sama berdo’a agar permasalahan pandemi bisa cepat selesai sehingga lebaran tahun depan kembali normal,” himbaunya.

- Advertisement -

Saat meninjau di Lokasi Lingkar Lohbener, Sekjen IKFA ini, masih menemukan laju kendaraan barang yang masih ditemukan. Namun secara umum, pergerakan transportasi darat di wilayah tersebut masih didominasi oleh kendaraan pribadi dari dalam wilayah Kabupaten Indramayu yang sedang melaksanakan aktifitas usaha dan perekonomian.

“Secara umum masih cukup ramai ya kondisi kendaraan roda empat, namun didominasi oleh kendaraan lokal,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Nina Agustina, menyempatkan diri untuk memberikan bingkisan Hari Raya Idul Fitri kepada para petugas yang saat ini sedang melaksanakan tugas, baik dari unsur Kepolisian, Kodim 0616 Indramayu, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan dan tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments