HomeTeras OtomotifBridgestone Terpilih Sebagai Ban Eksklusif Mobil Listrik Fisker Ocean

Bridgestone Terpilih Sebagai Ban Eksklusif Mobil Listrik Fisker Ocean

Teraspendopo.com Bersatu dalam visi menuju masa depan mobilitas yang berkelanjutan, Fisker Inc. sebuah pabrikan kendaraan listrik berkelanjutan dan solusi mobilitas canggih di dunia serta Bridgestone, pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi mengumumkan jalinan kerjasamanya baru baru ini. Fisker telah memilih Bridgestone sebagai ban eksklusif untuk mobil SUV all-electric Fisker Ocean yang dinantikan.

Fisker Ocean akan melakukan debut global pertamanya pada Los Angeles Auto Show 2021 mendatang, dan memulai produksi pada 17 November 2022. Fisker Ocean menyuguhkan penggunaan bahan daur ulang secara ekstensif, termasuk interior yang sepenuhnya berbahan dasar dari tumbuhan dan hadir dengan pilihan atap panel surya fotovoltaik.

Fisker Ocean yang dipasarkan di wilayah Eropa dan beberapa model tertentu yang dipasarkan di wilayah Amerika Utara akan menggunakan ban rancangan khusus, Bridgestone Potenza Sport. Ban Potenza Sport memberikan pengalaman berkendara optimal yang berfokus pada kenyamanan serta kestabilan pengendalian dan dilengkapi dengan daya gulir rendah, yang dapat menghemat energi baterai Fisker Ocean dengan memastikan lebih sedikit daya yang dibutuhkan untuk menjalankan kendaraan.

Bridgestone Potenza Sport – ban sport premium dengan performa tinggi – sebagai ban yang pertama kali dirancang khusus dengan mengkombinasikan performa dan Teknologi ENLITEN revolusioner dan berkelanjutan. Rata-rata, Teknologi ENLITEN mampu mengurangi daya gulir ban hingga 30% dan berat ban hingga 20%*.

Hal ini setara dengan penggunaan sumber daya bahan baku sebesar 2kg lebih sedikit daripada yang dibutuhkan untuk memproduksi setiap ban pada umumnya. Penggunaan Teknologi ENLITEN adalah kunci untuk memastikan bahwa ban khusus Fisker Ocean memiliki daya gulir yang rendah, sementara di sisi lain pola telapak sporty Potenza Sport memberikan pengalaman berkendara yang dinamis dan stabil.

Bridgestone juga akan memasok ban Alenza Sport dengan spesifikasi untuk digunakan di semua musim yang dirancang khusus untuk model Fisker Ocean yang dijual di wilayah Amerika Utara. Ban Alenza Sport dirancang dengan kompon generasi mutakhir yang memberikan peningkatan pengereman di kondisi permukaan kering serta basah, dan peningkatan performa daya gulir untuk membantu pengemudi merasakan kemampuan kinerja Fisker Ocean seutuhnya.

Ban Bridgestone yang dirancang khusus bagi Fisker Ocean juga didapat melalui terobosan teknologi Pengembangan Ban Virtual milik Bridgestone, yang memungkinkan prediksi akurat kinerja ban tanpa memproduksi dan menggerakkannya secara fisik sebagai bagian pertama dari proses pengembangan pada umumnya.

Membuat pengembangan ban lebih berkelanjutan, efisien, akurat, dan fleksibel, Pengembangan Ban Virtual memangkas konsumsi bahan baku dan emisi CO2 sekitar 60% serta mengurangi waktu dan kecepatan pengembangan produk ke pasar hingga 50%. Rencana penggunaan teknologi dalam proyek ini mendukung ambisi Fisker Ocean untuk menjadi kendaraan paling berkelanjutan di dunia dan akan membantu mempercepat waktu pengembangan proyek itu sendiri.

Mendobrak hambatan masa depan kendaraan listrik

Dalam pencarian ban yang tepat, Fisker mengidentifikasi Bridgestone sebagai mitra yang kuat dengan pendekatan yang sama terhadap keberlanjutan investasi di seluruh rantai nilainya, mulai dari R&D dan pengembangan produk, hingga manufaktur dan penjualan ritel, untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Salah satu contohnya, Bridgestone baru-baru ini mengumumkan bahwa 100% listrik yang dikonsumsi pabrik di wilayah Eropa, termasuk Pusat Litbang Eropa di Italia tempat ban Fisker Ocean dikembangkan dan pabrik Poznan di Polandia tempat ban akan diproduksi, berasal dari sumber terbarukan; sama halnya, Fisker Ocean akan diproduksi di Graz, Austria di fasilitas netral CO2 Magna Steyr.

Di Bridgestone sendiri, Fisker mendapatkan mitra yang mampu mengubah bisnisnya untuk mendukung adopsi (Electric Vehicle) atau EV. Dengan mempelopori ban premium, teknologi, serta solusi armada dan mobilitas khusus untuk EV, serta pengembangan jaringan ritel dan layanan siap EV, Bridgestone berinvestasi untuk membuat mobilitas elektrik lebih efisien dan dapat diakses oleh semua pengemudi. Fisker memiliki ambisi untuk memasuki pasar Amerika Serikat dan Eropa dengan harga yang direkomendasikan mulai dari $37.499 atau sekitar 530 juta Rupiah.

Prototype dari Fisker Ocean akan mulai diproduksi pada Quartal 4 2021. Ban Bridgestone yang akan melengkapi Fisker Ocean akan tersedia dalam dua ukuran yaitu 255/50 R20 dan 255/45 R22. Ban dengan rim 22 dirancang untuk menciptakan keseimbangan penanganan yang lebih sporty, sesuai dengan kinerja yang akan diberikan oleh Fisker Ocean.

“Di Bridgestone, kami melihat EV sebagai peluang besar untuk membantu mencapai netralitas karbon pada tahun 2050 dan membuat mobilitas lebih ramah lingkungan,” kata Laurent Dartoux, President and CEO, Bridgestone EMIA.

Tetapi menurutnya masih banyak hambatan yang harus diatasi sebelum masa depan listrik sepenuhnya dapat diwujudkan, dan Fisker – seperti Bridgestone – sedang berupaya untuk mendobrak hambatan tersebut. Tidak hanya membuat EV lebih mudah diakses, Fisker dibangun dari nol dengan agenda keberlanjutan yang kuat yang didukung dengan sepenuh hati.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan Bridgestone, pemimpin global dalam ban dan mobilitas berkelanjutan, dan berbagi nilai-nilai kami serta merancang ban premium yang sangat cocok untuk Fisker Ocean,” kata Henrik Fisker, Chairman and CEO of Fisker.

Menurutnya Fisker memiliki ambisi untuk membuat SUV paling berkelanjutan yang menghadirkan pengalaman berkendara, pengendalian, dan jangkauan terdepan di kelasnya, dan Bridgestone akan memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan ini. DIrinya juga berharap dapat terus bekerja sama secara erat, berkolaborasi dalam kinerja dan pengembangan teknis ban.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments