Bila Ada Suatu Anggota Masyarakat Yang Menikah , Yang Menyelenggarakan Pesta Pernikahan Dan Menanggung Seluruh Biayanya Adalah Pihak Laki- Laki, Sedangan Pihak Perempuan Tidak Dibebankan Untuk Menanggung Biaya Perkawinan Kecuali Atas Kesepakatan Kedua Bel

Dian Sastrowardoyo

Acara Pernikahan Adat Jawa

Pernikahan merupakan salah satu momen yang paling berkesan dalam kehidupan seseorang. Setiap budaya memiliki tradisi pernikahan sendiri, termasuk budaya Jawa. Pernikahan adat Jawa memiliki prosesi dan kesan yang khas serta sarat dengan makna dan filosofi. Dalam pernikahan adat Jawa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah biaya pernikahan yang ditanggung oleh pihak laki-laki.

Tradisi Pernikahan Jawa

Sebelum membahas mengenai biaya pernikahan yang ditanggung oleh pihak laki-laki, mari kita lihat terlebih dahulu beberapa tradisi pernikahan Jawa yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

1. Siraman

Pada tradisi siraman, pengantin wanita akan mandi dengan menggunakan air bunga. Air bunga yang digunakan biasanya berisi berbagai macam bunga yang memiliki makna dan simbol tertentu. Proses siraman ini bertujuan untuk membersihkan tubuh dan pikiran dari segala macam hal negatif.

2. Ijab Kabul

Ijab kabul merupakan prosesi pernikahan yang dilakukan dengan meminta persetujuan dari kedua belah pihak keluarga. Pada saat ijab kabul, pengantin wanita dan pengantin pria berjanji untuk saling mencintai dan menjaga satu sama lain dalam ikatan suci pernikahan.

3. Sungkeman

Setelah ijab kabul, dilanjutkan dengan prosesi sungkeman. Sungkeman adalah prosesi saling memberikan hormat dan penghormatan kepada orang tua dan tetua yang hadir dalam pernikahan. Dalam prosesi ini, pengantin akan membungkuk dan duduk di hadapan orang tua serta tetua yang kemudian disambut dengan doa dan kata-kata bijak.

4. Siti Hinggil

Siti Hinggil adalah prosesi pengantin wanita yang naik ke pelaminan dengandiiringi oleh sejumlah orang tua dan tetua. Pengantin wanita akan disambut dengan tarian khas Jawa dan penuh dengan keindahan serta keanggunan. Hal ini melambangkan kedudukan pengantin wanita yang memiliki nilai dan derajat tinggi dalam kehidupan bersama.

Biaya Pernikahan Pihak Laki-Laki

Dalam tradisi pernikahan Jawa, ada aturan yang menyebutkan bahwa biaya pernikahan harus ditanggung oleh pihak laki-laki. Pihak laki-laki memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan acara pernikahan secara keseluruhan, termasuk biaya makanan, dekorasi, gedung, dan lain-lain.

Tanggung jawab pihak laki-laki ini sebagai simbol dari keseriusannya dalam mempersunting seorang wanita. Selain itu, ini juga mencerminkan upaya dari pihak laki-laki untuk memberikan yang terbaik bagi calon istri dan membantu keluarga calon istri dalam persiapan pernikahan tersebut.

Biaya pernikahan pihak laki-laki bisa bervariasi tergantung pada budaya dan status sosial masing-masing keluarga. Ada keluarga yang mampu memberikan pernikahan yang mewah dengan biaya yang besar, namun ada juga keluarga yang mengadakan pernikahan dengan biaya yang lebih sederhana namun tetap khidmat dan berkesan.

Oleh karena itu, sebelum melangsungkan pernikahan, pihak laki-laki perlu melakukan persiapan dan perencanaan keuangan yang matang untuk menanggung biaya pernikahan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan menabung sejak jauh-jauh hari, mencari alternatif dan diskon untuk kebutuhan pernikahan, serta melibatkan keluarga besar dalam membantu menyiapkan biaya pernikahan.

Penting untuk diingat bahwa biaya pernikahan bukanlah segalanya dalam sebuah pernikahan. Lebih penting lagi adalah keberlangsungan dan kebahagiaan dalam pernikahan itu sendiri. Biaya pernikahan sebaiknya tidak menjadi beban yang berlebihan bagi calon pengantin dan keluarga.

Di akhir hari, yang terpenting adalah cinta dan niat yang tulus dari kedua belah pihak yang ingin berbagi hidup bersama dalam ikatan pernikahan yang suci.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat mengenai tradisi pernikahan Jawa dan tanggung jawab biaya pernikahan pihak laki-laki. Selamat menempuh hidup baru bagi calon pengantin!

Ikuti kami di

Tags

Related Post