Berikut Yang Bukan Termasuk Planet Yang Dianggap Sebagai Bola Gas Raksasa Adalah

Hardiansyah

Planet raksasa di tata surya

Berikut ini adalah beberapa planet raksasa yang terdapat di tata surya kita:

1. Bumi

Meskipun Bumi bukan termasuk dalam kategori planet raksasa, namun planet ini menjadi tempat tinggal bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Bumi memiliki diameter sekitar 12.742 kilometer dengan gravitasi yang memungkinkan kehidupan berlangsung.

2. Jupiter

Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya kita. Planet ini memiliki diameter sekitar 139.820 kilometer. Jupiter juga dikenal sebagai planet raksasa berbentuk bola gas karena sebagian besar komposisinya terdiri dari hidrogen dan helium.

3. Saturnus

Planet Saturnus juga termasuk dalam kategori planet raksasa di tata surya. Saturnus memiliki diameter sekitar 116.460 kilometer dan terkenal dengan cincinnya yang menarik. Seperti Jupiter, Saturnus juga terdiri dari hidrogen dan helium.

4. Uranus

Uranus adalah salah satu planet raksasa yang terletak lebih jauh dari Saturnus. Planet ini memiliki diameter sekitar 50.724 kilometer dan memiliki cincin yang sangat tipis. Uranus juga terdiri dari hidrogen, helium, dan sejumlah sedikit metana.

5. Neptunus

Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari di tata surya kita. Planet ini memiliki diameter sekitar 49.244 kilometer dan juga termasuk dalam kategori planet raksasa. Komposisi Neptunus terdiri dari hidrogen, helium, dan sedikit metana.

Planet gas dan kelompok planet

Planet raksasa berbentuk bola gas tidaklah termasuk dalam kelompok planet yang dianggap sebagai bola gas raksasa. Kelompok planet ini terdiri dari Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Keempat planet ini memiliki karakteristik yang serupa yaitu komposisi utama yakni hidrogen dan helium.

Ada juga kelompok planet yang lebih kecil yaitu planet bumi, Mars, Venus, dan Merkurius. Planet-planet ini tidak termasuk dalam kategori planet raksasa dan tidak memiliki komposisi utama hidrogen dan helium seperti planet-planet raksasa.

Mengenal planet raksasa di alam semesta

Planet-planet raksasa bukanlah planet yang langka di alam semesta. Selain tata surya kita, banyak galaksi lain yang juga memiliki planet-planet raksasa. Beberapa contoh planet raksasa di alam semesta adalah:

1. HD 189733b

Planet ini terletak sekitar 63 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan salah satu planet terpanas yang diketahui. Hujan di planet ini bukanlah hujan seperti di Bumi, namun terdiri dari partikel-partikel logam yang sangat panas.

2. WASP-12b

Planet ini dikenal karena memiliki siklus tahun yang sangat pendek, yaitu hanya sekitar 26 jam. Bukan hanya itu, planet ini juga memiliki suhu permukaan yang sangat panas karena berada sangat dekat dengan bintangnya.

3. Kepler-10c

Kepler-10c memiliki diameter sekitar 2,3 kali lebih besar daripada Bumi dan diperkirakan memiliki komposisi inti batuan. Planet ini terletak sekitar 560 tahun cahaya dari Bumi.

Ikuti kami di

Tags

Related Post