HomeTeras DaerahRealisasikan Dokmaru, Bupati Indramayu Bawa Balita Penderita Tumor ke Rumah Sakit

Realisasikan Dokmaru, Bupati Indramayu Bawa Balita Penderita Tumor ke Rumah Sakit

Indramayu, Teraspendopo.com Bupati Indramayu, Nina Agustina, tampaknya terus bergerak merealisasikan janji-janji kampanyenya. Kali ini salah satu Program Unggulan dalam visi Sapta Nata Mulia Jaya, yakni Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) direalisasikan dengan membawa seorang balita penderita tumor ke RSUD Indramayu.

Kegiatan diluar jam protokoler tersebut, Bupati Nina Agustina, hanya ditemani oleh ajudan dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Boni Koswara. Keduanya menyambangi balita penderita tumor stadium III, Muhamad Alif Fattah, di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Indramayu, pada Senin (1/3/2021).

Alif sendiri tinggal di Gang 21 Jalan Letjen Suprapto, Indramayu. Kondisi ini telah terjadi padanya sejak lahir, dan kini semakin memprihatinkan. Perut balita tersebut membesar dan membuatnya kesulitan untuk bergerak bahkan bernafas. Menurut neneknya, Sofiah (38), Alief divonis oleh dokter menderita tumor yang kini sudah menyerang ginjalnya sehingga perutnya membesar seperti saat ini.

“Kondisi perutnya terus membesar. Ini harus segera ditangani, kasihan kondisinya, dan akan kita tanggung biaya perawatannya sesuai prosedur yang ada,” kata Nina Agustina.

Setelah mendapatkan izin dari pihak keluarga, Bupati Nina dan jajarannya membawa Alief ke RSUD Indramayu untuk segera ditangani.

Dokter Masuk Rumah (Dokmaru)

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menjelaskan, Dokmaru akan menjadi jawaban cepat (quick respon) dalam penanganan kesehatan terutama yang sangat membutuhkan. Deden mengatakan, dalam implementasinya, Dokmaru menjadi Public Safety Centre (PSC) 119 yang nantinya ada di Dinas Kesehatan Indramayu. PSC 119 adalah call centre untuk layanan cepat tanggap darurat kesehatan.

Lebih lanjut Deden menerangkan, Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Indramayu akan saling terkoneksi dengan adanya call centre tersebut. “Pada tahun 2021 ini, secara bertahap, akan terhubung dengan sistem program unggulan Dokter Masuk Rumah (Red: Dokmaru) untuk menangani aduan dan keluhan permasalahan kesehatan di Kabupaten Indramayu,” jelasnya.

Dalam pelaksanaanya, imbuh Deden, masyarakat yang dalam keadaan darurat bisa langsung menghubungi Call Center 119 atau 081119119444 yang ada di Dinas Kesehatan. Setelah itu, operator akan menghubungi Puskesmas terdekat yang kemudian pihak Puskesmas segera mengirimkan tim medis dan ambulance ke rumah atau lokasi orang yang melakukan panggilan darurat tersebut.

“Jika berdasarkan hasil pemeriksaan dokter di rumah pasien harus dirujuk ke rumah sakit, maka ambulance akan segera mengantarkannya. Dokmaru hadir untuk menyelesaikan permaslaahan kesehatan yang sangat membutuhkan,” kata Deden kepada Diskominfo Indramayu.

Deden menambahkan, saat ini persiapan untuk mematangkan program tersebut terus dilakukan diantaranya dengan menyamakan persepsi antara Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit.
Sementara itu Kepala Puskesmas Margadadi, Tarmudi menjelaskan, pihaknya siap untuk melaksanakan layanan cepat program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru). Saat ini pihaknya terus melakukan berbagai simulasi dan uji coba untuk mengetahui berbagai kekurangan dalam pelaksanaannya.

“Mumpung masih ada waktu kita terus lakukan berbagai perbaikan sehingga Dokmaru ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama di bidang kesehatan. Saat ini kita tengah siapkan operator, tenaga medis, hingga supir untuk siap menjalankan program Dokmaru,” kata Tarmudi.

Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments