HomeTeras DaerahBanyak Sungai Meluap, Banjir Melanda Indramayu Bagian Selatan

Banyak Sungai Meluap, Banjir Melanda Indramayu Bagian Selatan

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Ribuan warga di wilayah Indramayu bagian selatan harus rela meninggalkan rumah mereka yang diterjang banjir. Hal ini diduga karena meluapnya air sungai dan intensitas hujan yang tinggi sehingga volume air semakin besar.

Pantauan Teraspendopo.com banjir mulai terjadi sejak Minggu (7/2/2021) jelang sore di Kecamatan Haurgeulis, Gantar, Kroya, Terisi, Gabuswetan, Cikedung, sampai Sukagumiwang. Meluapnya sungai-sungai yang melintas di wilayah tersebut dan beberapa tanggul yang jebol dituding sebagai penyebab utama.

Di beberapa kecamatan tersebut, volume banjir bahkan membuat warga mau tak mau harus meninggalkan rumah mereka. Sebagaimana laporan salah satu warga melalui aplikasi percakapan, di Blok Karangturi, Desa Rajasinga, Kecamatan Terisi, ketinggian air bahkan nyaris mencapai atap rumah.

Saat ini beberapa posko darurat telah didirikan oleh para relawan yang dikomando BPBD Kabupaten Indramayu untuk menampung warga yang mengungsi. Di wilayah Haurgeulis, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Dinas Sosial Kabupaten Indramayu telah mendirikan dapur umum di Kantor Kecamatan Haurgeulis.

- Advertisement -

Di Harugelis sendiri titik pengungsian terbagi kedalam beberapa tempat, yakni Masjid An Nur Kertanegara, SMK Muhammadiyah Haurgeulis, Masjid Al Furqon Haurgeulis, Masjid Al Istiqomah Mekarjati, SDN Gandamulya Haurgeulis, dan SMP PUI Haurgeulis.

Masyarakat di wilayah aliran Sungai Cimanuk juga waspada. Pasalnya air dari Bendungan Rentang volumenya meningkat drastis. Hal ini mengakibatkan beberapa tanggul yang kritis dan menjadi penyebab banjir dipantau ekstra oleh banyak pihak.

- Advertisement -
Ashabul Kahfi
Penulis di Teras Digital Media Nusantara. Pembaca dari semua buku, santri semua kiai, dan murid dari semua guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments