HomeTeras DaerahBambang Tirtoyuliono Jadi Pjs Bupati Indramayu, Ridwan Kamil Pesan Jaga Netralitas ASN

Bambang Tirtoyuliono Jadi Pjs Bupati Indramayu, Ridwan Kamil Pesan Jaga Netralitas ASN

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono ditunjuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjadi penjabat sementara (Pjs) Bupati Indramayu. Ia menggantikan Taufik Hidayat mulai 26 September hingga 5 Desember 2020.

Bambang Tritoyuliono ditunjuk bersamaan dengan dilantiknya enam Pejabat Eselon II lainnya yang menjadi Pjs. Bupati/Walikota di lingkungan Provinsi Jawa Barat dengan masa kerja kurang lebih tiga bulan itu. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengukuhkan ketujuh pejabat tersebut secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di Youth Centre Sport Arcamanik, Bandung Jawa Barat, pada Jum’at (25/9/2020).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan selama mengemban amanah, para penjabat sementara tersebut wajib mementingkan kondusivitas daerah selama masa pandemi ini. Sehingga mereka harus banyak-banyak sosialisasi dan silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di wilayah masing-masing.

“Kepada para tokoh agama, budaya, pemuda, dan lain-lainnya juga harus disambangi,” kata Ridwan Kamil.

Yang tak boleh lupa tentu saja melakukan koordinasi dengan para penyelenggara Pilkada Tahun 2020 khususnya di Kabupaten Indramayu dalam menguatkan akan pentingnya ketegasan menerapkan protokol kesehatan selama masa kampanye berlangsung.

“Jangan sampai ada potensi kerawanan meningkatnya infeksi Covid-19,” tambahnya.

Ridwan Kami juga menambahkan untuk Pjs. Bupati/Walikota di Jawa Barat terlebih lagi Pjs Bupati Indramayu untuk diminta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) masing-masing wilayah dan tidak ditemukan adanya pelanggaran baik yang kecil apalagi yang besar.

“Yang kecil contohnya memberikan like pada postingan kampanye di media sosial. Apalagi menjadi kontestan hingga menggerakkan ASN dilingkungan kantornya sendiri. Itu jangan sampai terjadi,” lanjutnya.

Ridwan Kamil menekankan pesan agar sikap kepemimpinan itu harus ditunjukan dengan keteladanan. Artinya dengan memiliki sepenggal kekuasaan itu tidak sembarangan memutuskan semisalnya melalui lisan. Mengingat kondusivitas menjadi ramai karena ketidak mampuan mempimpin dan mengatur secara lisan atau bicara.

“Untuk itu saya minta para Pjs. Bupati/Walikota di Provinsi Jawa Barat setiap Minggu atau senin wajib melaporkan perkembangan terkait semua dinamika-dinamika di masing-masing wiilayah kepada gubernur,” pungkasnya.

Pelantikan Pjs. Bupati Indramayu ini juga disaksikan secara virtual oleh Forkopimda Kabupaten Indramayu di ruang Indramayu Command Center dan juga oleh para kepala SKPD di kantornya masing-masing.

Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments