HomeTeras DaerahAnsor Sesalkan Lambatnya Pertamina Dalam Penanganan Dampak Ledakan Tangki

Ansor Sesalkan Lambatnya Pertamina Dalam Penanganan Dampak Ledakan Tangki

- Advertisement -

Indramayu, Teraspendopo.com Meledaknya tangki milik PT. Pertamina RU-VI Balongan di Kabupaten Indramayu membuat ribuan orang di sekitar kilang mengalami dampak psikis dan sosial yang luar biasa. Namun banyak pihak mengeluhkan lambatnya Pertamina dalam menyelesaikan dampak tersebut.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Indramayu, Toto Iswanto, termasuk yang ikut menyesalkan lambatnya penanganan dampak ledakan empat tangki di area tangki T-301 ini. Pasalnya sampai hari ini Pertamina belum memberikan pernyataan sikap yang resmi atas keluhan warga tersebut.

“Manajemen Pertamina tampak kurang responsif atas penanganan dampak ledakan itu. Bahkan ada kecenderungan melimpahkan masalah ini pada Pemkab Indramayu,” ungkap Toto saat berbicara pada media di Sekretariat Ansor pada Kamis (1/4/2021) sore.

Toto mengapresiasi adanya pengkondisian pengungsi di GOR Bumi Patra, namun pihaknya menilai Pertamina hanya fokus disitu saja. Padahal banyak warga yang bertahan di rumah masing-masing karena takut terjadi sesuatu di lingkungannya.

- Advertisement -

Ia menilai Pertamina semestinya memberikan jaminan terhadap segala bentuk kerusakan akibat ledakan dan kebakaran di empat tangki tersebut. Misalnya kaca-kaca rumah yang pecah, plafon yang ambruk, serta polusi udara yang membuat wilayah sekitar terkena residu kebakaran.

“Yang kita ingin tanyakan adalah bentuk tanggung jawab Pertamina terhadap dampak yang ditimbulkan. Jangan sampai unjuk rasa oleh warga setempat terjadi berulang-ulang,” terang Toto.

Menurutnya selain menangani dampak fisik terhadap rumah-rumah yang rusak, Pertamina juga mesti menyikapi dampak psikologi warga yang mengalami trauma akibat ledakan tersebut. Sekali lagi, menurut Toto, trauma healing hanya menyasar pengungsi saja. Namun bagi warga terdampak yang karena sesuatu tak bisa meninggalkan rumahnya mesti dipikirkan juga.

Toto menjelaskan di Balongan dan sekitarnya kebetulan banyak warga Nahdlatul Ulama (NU) baik kultural maupun struktural. Sehingga ia memiliki tanggung jawab moral untuk menyuarakan keluhan mereka terhadap para pemegang kebijakan, terutama pihak Pertamina sendiri.

- Advertisement -

“Oleh karena itu kami membuka Posko Pengaduan bersama LBH Ansor untuk siapapun terutama warga NU yang mengalami dampak ledakan tersebut,” jelasnya.

Ia mempersilakan bagi siapapun yang terdampak ledakan tangki Pertamina untuk datang ke Posko Pengaduan di Sekretariat PC GP Ansor Indramayu di Jalan Gatot Subroto Nomor 9, Indramayu.

- Advertisement -
Akhmad Syaefullah
Akhmad Syaefullah merupakan founder Teraspendopo.com yang juga penggemar pedesan enthog. Pernah ngalap berkahnya kyai Lirboyo selama beberapa tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments