Home Teras Perjalanan Tak Punya Gunung, Indramayu Miliki Wisata Air Terjun Buatan Senilai Rp79 Miliar

Tak Punya Gunung, Indramayu Miliki Wisata Air Terjun Buatan Senilai Rp79 Miliar

Indramayu, Teraspendopo.com – Indramayu merupakan kawasan pesisir yang memiliki garis pantai sepanjang 114 kilometer. Hal ini membuat kabupaten yang dikenal dengan kota mangga tersebut tidak memiliki kontur pegunungan yang memungkinkannya ada air terjun. Namun hari ini (29/12/2020), Indramayu resmi memiliki air terjun buatan.

Air terjun buatan yang meniru konsep ‘Gardens by the Bay’ di Singapura ini terletak di kawasan wisata Bojongsari, Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan berdekatan dengan Waterpark Bojongsari. Tempat wisata baru ini baru saja diresmikan oleh Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda II) Kabupaten Indramayu, Maman Kostaman.

Dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Carsim, Maman menyampaikan agar air terjun buatan ini bisa dikelola dengan baik. Ia berharap keberadaannya bisa menjadi lokomotif untuk menumbuhkembangkan sektor ekonomi lainnya. Sehingga UMKM di sekitarnya bisa berkembang lebih baik lagi.

“Investasi tempat ini besar, sehingga diharapkan bisa mengangkat sektor ekonomi yang lainnya,” ungkap Maman.

Sebagaimana diketahui, Air Terjun Buatan Bojongsari ini menelan APBD senilai Rp79 Miliar. Pembangunannya bertahap, dan sudah dimulai sejak 2017 silam. Tujuan awalnya, menurut Carsim, agar mendongkrak sektor pariwisata di Indramayu dan menciptakan efek berantai di sektor ekonomi.

“Namun saat ini sedang dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga Air Terjun Buatan Bojongsari ini tidak dibuka sepenuhnya,” ungkap Carsim.

Carsim menambahkan kawasan wisata ini sementara akan dibuka secara gratis pada Sabtu dan Minggu selama sebulan dalam rangka promosi. Nanti pihaknya akan mengkaji perkembangannya, sehingga potensi targetnya bisa diketahui dan dievaluasi.

Carsim juga merinci, Air Terjun Buatan Bojongsari ini terdiri dari 4 lantai. Lantai pertama dijadikan pusat kuliner, lantai kedua tempat bermain anak, lantai ketiga ruang karaoke keluarga, dan lantai keempat ruang spa. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi wahana bermain, yaitu kereta mini monorel, roller coster, kapal ayun colombus, dan taman-taman.

Boni Tabroni
Alumni Fakultas Hukum yang gemar menulis dan mendokumentasikan sesuatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Recent Comments