TerasPendopo.comTerasPendopo.com Informasi Aktual dan Terbaru

10 Rekomendasi Aktivitas Terbaik untuk Kamu Lakukan di Surabaya!

Surabaya adalah kota yang ramai di Jawa Timur, Indonesia, yang menawarkan berbagai objek wisata. Mulai dari landmark sejarah hingga keajaiban alam, kuliner lezat hingga pengalaman budaya, Surabaya memiliki sesuatu untuk semua orang. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi destinasi wisata terbaik di Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Wisata Sejarah di Surabaya: Kunjungi Tugu Pahlawan dan Museum Mpu Tantular
Tugu Pahlawan adalah monumen yang didedikasikan untuk para pahlawan Pertempuran Surabaya pada tahun 1945. Museum Mpu Tantular menampilkan sejarah Surabaya dan Jawa Timur, termasuk kostum tradisional, senjata, dan artefak.

Tugu Pahlawan adalah salah satu landmark terkenal di Surabaya yang menjadi simbol perjuangan rakyat Surabaya dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Monumen ini memiliki arsitektur yang megah dan menjadi tempat yang penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan.

Museum Mpu Tantular adalah tempat yang sempurna untuk mempelajari sejarah Surabaya dan Jawa Timur. Di museum ini, Anda dapat melihat koleksi kostum tradisional, senjata kuno, dan artefak bersejarah lainnya. Museum ini juga sering mengadakan pameran khusus yang menampilkan budaya dan seni tradisional Surabaya.

2. Menyaksikan Keindahan Alam di Taman Bungkul dan Taman Flora Bratang
Taman Bungkul adalah taman dengan lintasan jogging, taman bermain, dan warung makan. Taman ini merupakan tempat yang populer di kalangan penduduk setempat untuk bersantai dan berolahraga. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar taman, menikmati pemandangan hijau, atau duduk di salah satu warung makan untuk menikmati makanan lokal.

Taman Flora Bratang adalah kebun botani dengan berbagai tanaman dan bunga, termasuk anggrek dan kaktus. Taman ini merupakan tempat yang sempurna untuk pecinta alam dan fotografi. Anda dapat menjelajahi kebun botani yang luas, mengambil foto indah, atau hanya duduk-duduk menikmati suasana tenang.

3. Berbelanja dan Kulineran di Pasar Atom dan Pasar Genteng
Pasar Atom adalah pasar tradisional yang menjual pakaian, aksesoris, dan oleh-oleh. Pasar ini merupakan tempat yang populer di kalangan wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh khas Surabaya. Anda dapat menemukan berbagai macam pakaian tradisional, kerajinan tangan, dan makanan khas Surabaya di pasar ini.

Pasar Genteng adalah pusat kuliner yang menawarkan berbagai hidangan lokal, seperti soto ayam dan rawon. Anda dapat mencoba hidangan lezat ini di salah satu warung makan di pasar atau mencari oleh-oleh kuliner khas Surabaya untuk dibawa pulang.

4. Wisata Religi di Masjid Cheng Ho dan Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria
Masjid Cheng Ho adalah masjid dengan arsitektur dan dekorasi Tionghoa. Masjid ini merupakan tempat yang penting bagi umat Muslim Tionghoa di Surabaya. Anda dapat mengunjungi masjid ini untuk beribadah atau hanya mengagumi keindahan arsitektur dan dekorasinya.

Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria adalah gereja Katolik dengan desain yang unik dan jendela kaca patri. Gereja ini merupakan tempat yang penting bagi umat Katolik di Surabaya. Anda dapat mengunjungi gereja ini untuk beribadah atau hanya mengagumi keindahan arsitektur dan seni kaca patri.

5. Menikmati Seni dan Budaya di House of Sampoerna dan Museum Suroboyo
House of Sampoerna adalah museum dan pabrik rokok yang menampilkan sejarah industri tembakau di Surabaya. Anda dapat mengunjungi museum ini untuk melihat proses pembuatan rokok tradisional, melihat koleksi artefak bersejarah, atau mempelajari sejarah industri tembakau di Surabaya.

Museum Suroboyo menampilkan budaya dan tradisi Surabaya, termasuk tarian dan musik tradisional. Anda dapat melihat pertunjukan tari tradisional, mendengarkan musik tradisional, atau mempelajari lebih lanjut tentang budaya Surabaya di museum ini.

6. Wisata Edukasi di Surabaya Zoo dan Surabaya North Quay
Surabaya Zoo adalah destinasi populer bagi keluarga yang menampilkan berbagai hewan, termasuk harimau, gajah, dan orangutan. Anda dapat mengunjungi kebun binatang ini untuk melihat hewan-hewan yang menarik, mengikuti pertunjukan hewan, atau berinteraksi dengan hewan-hewan di area interaktif.

Surabaya North Quay adalah museum maritim yang menampilkan sejarah pelabuhan dan industri perkapalan di Surabaya. Anda dapat melihat koleksi kapal kuno, mempelajari sejarah perkapalan di Surabaya, atau mengikuti tur yang dipandu untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri perkapalan.

7. Menyegarkan Diri di Pantai Kenjeran dan Pantai Ria Kenjeran
Pantai Kenjeran dan Pantai Ria Kenjeran adalah pantai-pantai yang menawarkan berbagai aktivitas air, seperti berenang, berselancar, dan jet ski. Di sepanjang pantai, terdapat juga warung makan dan toko oleh-oleh. Anda dapat menikmati hari yang menyenangkan di pantai, bermain air, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan laut.

8. Bermain dan Belajar di Ciputra Waterpark dan Suroboyo Carnival Park
Ciputra Waterpark adalah taman air dengan berbagai kolam renang dan seluncuran air. Taman air ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersenang-senang dengan keluarga atau teman-teman. Anda dapat berenang di kolam renang, meluncur di seluncuran air, atau hanya bersantai di tepi kolam.

Suroboyo Carnival Park adalah taman hiburan dengan berbagai wahana dan atraksi, seperti roda Ferris dan rumah hantu. Taman hiburan ini merupakan tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Anda dapat mencoba berbagai wahana, bermain permainan, atau menikmati pertunjukan di taman hiburan ini.

9. Wisata Malam di Jalan Tunjungan dan Monkasel Night Market
Jalan Tunjungan adalah jalan perbelanjaan yang menawarkan berbagai merek fashion dan restoran. Jalan ini merupakan tempat yang populer di kalangan penduduk setempat dan wisatawan untuk berbelanja dan bersantap. Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang jalan, berbelanja pakaian dan aksesoris, atau mencoba makanan lezat di salah satu restoran.

Monkasel Night Market adalah pasar makanan yang buka di malam hari dan menawarkan berbagai hidangan lokal, seperti bakso dan nasi goreng. Anda dapat mencoba hidangan lezat ini di pasar makanan yang ramai, mencari oleh-oleh kuliner khas Surabaya, atau hanya menikmati suasana malam di pasar.

10. Menikmati Kuliner Khas Surabaya di Warung Sate Klopo Ondomohen dan Depot Bu Rudy
Warung Sate Klopo Ondomohen adalah restoran yang menyajikan sate dengan saus kelapa dan kacang. Sate ini merupakan hidangan khas Surabaya yang lezat dan unik. Anda dapat mencoba sate ini di restoran yang terkenal dengan cita rasanya.

Depot Bu Rudy adalah restoran yang menawarkan berbagai hidangan lokal, seperti tahu campur dan lontong balap. Restoran ini merupakan tempat yang populer di kalangan penduduk setempat untuk menikmati makanan khas Surabaya. Anda dapat mencoba hidangan lezat ini di restoran yang ramai dengan suasana yang hangat.

Kesimpulan:
Surabaya adalah kota yang menawarkan berbagai destinasi wisata yang cocok untuk berbagai minat dan preferensi. Mulai dari landmark sejarah hingga keajaiban alam, kuliner lezat hingga pengalaman budaya, Surabaya memiliki semuanya. Rencanakan perjalanan Anda ke Surabaya dan jelajahi destinasi wisata terbaik yang ditawarkan oleh kota ini.

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo, seorang peneliti dan lulusan S2 Antropologi Budaya dari Universitas Udayana, sering menulis di BudayaNusantara.co.id. Dengan penerapan teknik SEO, artikel-artikelnya tentang kebudayaan dan sosial Indonesia mendapat peringkat tinggi di mesin pencari, menjangkau audiens yang lebih luas yang tertarik pada topik tersebut.

Press ESC to close